Profile Stadion Piala Eropa 2020: Arena Nationala Kebanggaan Rumania

  • May 9, 2020

Loucomballa.net – Bucharest dipilih untuk diantara dari 12 pelaksana Piala Eropa 2020. Stadion di kota itu yaitu Arena Nationala akan memberikan nuansa tidak sama.

Arena Nationala, atau dikatakan sebagai The National Arena, terdapat di Kota Bucharest, ibu kota Rumania. Stadion ini memiliki jarak seputar empat km. dari pusat kota mengarah timur.

Stadion ini ketika dibuka di tahun 2011 kemarin. Perlu dana sampai 234 jt euro waktu itu untuk membuat stadion ini. Pembangunannya sendiri memerlukan waktu seputar 3 tahun.

Arena Nationala

The National Arena mempunyai kemampuan 55.634 area duduk serta jadi stadion paling besar di Rumania. Stadion ini termasuk juga hebat sebab mempunyai retractable roof alias atap yang dapat dibuka tutup dengan cara automatis. Untuk buka atau tutup atap ini, diperlukan waktu semasa seputar 15 menit.

Di dengan stadion Piala Eropa 2020 itu ada 3.600 area duduk VIP. Sesaat untuk media, stadion ini sediakan 126 area duduk. Tetapi faksi pengelola stadion dapat meningkatkan kemampuannya jadi 548 area duduk.

Arena Nationala mempunyai design mangkok, sangat mungkin untuk area duduk tersambung terus-terusan di seputar lapangan. Ini bersimpangan dengan style stadion di Inggris dimana setiap podium terpisah di tiap bagian.

Tetapi, pembangunan stadion ini tidak terlepas dari pro-kontra. Hal itu tidak terlepas dari permasalahan ongkos serta ada beberapa penangguhan.

Wali Kota Bucharest waktu itu, Sorin Oprescu, pernah menyebutkan pembangunan stadion terlambat 20 minggu dari agenda yang seharusnya di bulan Mei 2009. Keadaan jadi sedikit runyam di Oktober 2009.

Karena ada ketetapan untuk memberikan tambahan ‘retactable roof’. Ongkos pembangunan stadion juga membesar 20 jt euro. Seputar dua bulan selanjutnya, permasalahan kembali lagi mendekati. Proses pembangunan stadion Piala Eropa 2020 ini sangat terpaksa disetop sesaat sebab cuaca yang tidak memberikan dukungan.

Peristiwa Bersejarah di Arena Nationala

Awalannya, acara pembukaan sah stadion ini diadakan di 10 Agustus 2011. Acara itu direncakan akan di ramaikan dengan pertandingan eksperimen di antara Tim nasional Rumania dengan Argentina. Mampu tapi di bulan Juli, Team Tango menggagalkan gagasan itu sesudah pelatih mereka yaitu Sergio Batista, memundurkan diri.

Di pada akhirnya acara pembukaan stadion itu dimundurkan di tanggal 6 September 2011. Waktu itu bersamaan dengan diadakannya pertandingan Group D kwalifikasi Piala Eropa 2012 di antara Tim nasional Rumania musuh Prancis. Laga itu berakhir 0-0 sesaat pemirsa yang tiba ke stadion sejumlah 49.137.

Jumlah pemirsa paling tinggi untuk laga sepak bola diraih di laga kwalifikasi Piala Dunia 2014 di antara Rumania versus Belanda, yang diadakan di 16 Oktober 2012. Waktu itu ada 53.329 pemirsa yang memadati stadion.

Stadion ini sempat digunakan untuk acara final Liga Europa di bulan Mei 2012 yang lalu. Waktu itu team yang berlaga di pertandingan pucuk saling datang dari Spanyol yaitu Atletico Madrid serta Athletic Bilbao. Stadion itu didatangi oleh 52.347 pemirsa. Jumlah itu jadi jumlah pemirsa paling besar ke-2 di selama riwayat stadion itu.

Stadion ini tentu saja dapat juga dipakai untuk kepentingan lain kecuali sepak bola. Arena Nationala sempat digunakan untuk acara konser musik. Beberapa musikus teratas dunia sempat manggung di sini.

Sebutlah saja Red Hot Chili Peppers, Depeche Model, Kings of Leon, Ed Sheeran, sampai Metallica. Nama paling akhir jadi konser dengan rekor kedatangan pemirsa paling banyak (50.319 pemirsa). Gagasannya di bulan Juli 2020 kelak, Celine Dion mampu tampil dengan serangkaian Courage World Tur.

 

Berdiri di Atas Sisa Stadion Lain

Arena Nationala sendiri dibuat di atas sisa stadion lama yang namanya Stadionul National, alias The National Fase. Stadon ini benar-benar bersejarah sebab dibuat di tahun 1953 yang lalu serta direncanakan oleh arsitek namanya Villy Juster.

Stadion ini awalannya dibuat untuk mengadakan 4th World Festival of Youth and Students. Festival ini sudah diadakan dengan cara teratur semenjak 1947 untuk acara kebersamaan pemuda global untuk demokrasi serta menantang perang serta imperialisme.

Awalannya stadion ini populer dengan nama Stadionul August 23. Sesudah itu bertukar nama jadi Stadionul National. Kompleks olahraga yang ada di seputar stadion dinamakan Lia Manoliu, yang disebut nama seorang olahragawan populer di Rumania.

Stadion ini mempunyai kemampuan yang semakin banyak daripada The National Arena. Stadion ini memiliki 60.120 pemirsa serta dapat dipakai untuk beberapa kepentingan. Tentu saja yang sangat seringkali ialah untuk mengadakan pekerjaan sepak bola. Tim nasional Rumania juga sering mengadakan laga mereka di sini.

Stadion ini sempat mengadakan beberapa konser musikus dunia. Dua salah satunya ialah konser Michael Jackson di tahun 1992 serta 1996.

Stadion ini mengadakan laga terakhir kalinya di November 2007. Waktu itu Rumania bermain menantang Albania serta menang mutlak 6-1. Sesudah laga, stadion itu pada akhirnya dirobohkan untuk membuat stadion baru.

 

Jadwal Laga Piala Eropa 2020

Satu antara negara yang mendapatkan jatah untuk mengadakan Piala Eropa 2020 ini ialah Rumania. Stadion Arena Nationala jadi diantara stadion yang diakui UEFA untuk mengadakan laga kompetisi dua tahunan itu.

Gagasannya mampu ada empat laga yang digelar di Arena Nationala. Tiga pertandingan adalah laga di babak group serta satu lagi adalah pertandingan di set 16 banyak.

  • 14 Juni 2020: Austria versus Play-off juara D atau A
  • 18 Juni 2020: Ukraina versus Play-off juara D atau A
  • 22 Juni 2020: Ukraina versus Austria
  • 29 Juni 2020: Set 16 Banyak

 

Catatan Mengenai Arena Nationala

  1. Stadion ini dipakai tiga team sekaligus juga: Tim nasional Rumania, Steua Bucharest, Dinamo Bucharest
  2. Stadion ini adalah Stadion UEFA Kelompok 4
  3. Stadion in direncanakan oleh Gerkan, Marg and Partners, serta dibuat oleh perusahaan Jerman Max Bogl serta perusahaan Italia Astaldi.
  4. Stadion ini dipunyai oleh pemerintah kota Bucharest, tapi bisa direntalkan oleh club sepak bola mana juga.
  5. Semenjak awal musim 2012/13, Dinamo putuskan untuk mainkan semua laga liga kandang mereka di stadion ini, walau permasalahan penjadwalan kadang memaksakan mereka kembali pada kandang lama mereka, Stadionul Dinamo.
  6. Arena Nationala di awalannya dipakai oleh Steaua Bucharest untuk laga banyak di liga serta semua laga Eropa mereka, serta di 2015 mereka putuskan untuk mainkan semua laga kandang mereka di stadion ini.
  7. Design atap Arena Nationala benar-benar seperti dengan Stadion Nasional di Warsawa, Polandia. Ke-2 stadion ini mempunyai kemampuan serta usia yang sama.

superadmin

E-mail : admin@loucomballa.net